logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 15 BERITA

Berita Terbaru

Pemantapan SAPM Aparatur PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 02 Agustus 2018 13:47

Pa-metro.go.id  - Setelah menerima sertifikat dengan Akreditasi “A Excellent” Pengadilan Agama Metro bersiap menaiki anak tangga berikutnya yaitu persiapan surveilance. Supaya cinta lebih dalam dengan SAPM maka langkah yang harus ditempuh adalah memahami Manual Mutu. Manual Mutu adalah Dokumen yang merincikan sistem manajemen mutu suatu organisasi. Manual Mutu memuat bebarapa pembahasan yang dimulai dari profil organisasi. Pengadilan Agama Metro, yang merupakan salah satu pelaku kekuasaan kehakiman  bagi rakyat pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara perdata tertentu pada tingkat pertama sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 dan perubahan kedua dengan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009, yang berada diwilayah yurisdiksi Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung. 

Wilayah hukum Pengadilan Agama Metro meliputi 1 (satu) Kota dan 1 (satu) Kabupaten di Provinsi Lampung, yakni Kota Metro dan Kabupaten Lampung Timur.

Wilayah Kota Metro terbagi atas 5 Kecamatan, Metro Pusat (5 Kelurahan) Metro Timur (5) Metro Barat (4) Metro Utara (4) dan Metro Selatan (4 kelurahan).

Wilayah Lampung Timur membawahi 24 Kecamatan, Pekalongan (10 Desa) Batanghari (17) Metro Kibang (6) Batanghari Nuban (13) Purbolinggo (12) Sukadana (20) Marga Tiga (12) Marga Sekampung (8) Sekampung (13) Sekampung Udik (15) Labuhan Ratu (9) Way Jepara (13) Bandar Sribhawono (7) Mataram Baru (7) Jabung (11) Melinting (6) Labuhan Maringgai (11) Pasir Sakti (8) Gunung pelindung (5) Braja Selebah (7) Raman Utara (11) waway Karya (11) Way Bungur (8) dan Kecamatan Bumi Agung ( 7 Desa)

Selain Profil organisasi dalam manual mutu memuat pula acuan yang mengatur, Istilah dan devinisi, Konteks organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, Dukungan, Operasi dan Evaluasi kinerja serta Peningkatan.

Pemantapan sebelumnya telah dilaksanakan pada selasa (24-07-2018) yang dihadiri Pimpinan, para Pejabat SAPM dan assesor internal, dan pada hari ini (Kamis 02-08-2018) kepada semua aparatur Pengadilan Agama Metro. Ditekankan oleh Ketua Pengadilan Agama Metro agar SAPM ini bukan hanya meraih nilai akreditasi namun yang paling penting adalah Implementasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. (by)

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 Agustus 2018 16:27
 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi