logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Berita Terbaru

Pengadilan Agama Metro
Hari Pahlawan PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 12 November 2018 09:45

Pengadilan Agama Metro hari ini (12/11/2018) memperingati  Hari Pahlawan, sesuai surat Mahkamah Agung RI Nomor 1374/SEK/HM.01.2/11/2018 tanggal 8 November 2018.

 Hari Pahlawan 10 November diperingati berkaitan dengan Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur.

Pertempuran 10 November  yang menjadi cikal bakal Hari Pahlawan menjadi perang terbuka terbesar Indonesia sesudah proklamasi kemerdekaan.

Pada Jumat 9 September 1945, pesawat-pesawat Inggris sengaja terbang menjatuhkan selebaran kertas dari udara ke seluruh penjuru kota Surabaya. Selebaran itu adalah ultimatum dari Inggris yang meminta para pejuang Surabaya untuk menyerahkan senjata pada 10 November 1945 paling lambat pukul 06.00 pagi.

Tak cuma itu, selebaran tersebut berisi pesan kepada siapa pun untuk menyerahkan orang yang bertanggung jawab atas tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945. Sudah dipastikan, saat itu amarah Britanita Raya sedang membuncah kepada arek-arek Suroboyo.

Namun, alih-alih takut, para pejuang dan pemuda dari seluruh Surabaya malah menantang Inggris untuk berjibaku atau perang terbuka.

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 12 November 2018 11:37
Selengkapnya...
 
KETUA MAHKAMAH AGUNG MERESMIKANAN 85 PENGADILAN BARU PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 23 Oktober 2018 16:08

KETUA MAHKAMAH AGUNG MERESMIKANAN 85 PENGADILAN BARU

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali S.H., M.H. meresmikan operasional 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia, pada hari Senin, tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Sebanyak 85 pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) badan peradilan yaitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh) Pengadilan Agama Salah satunya adalah Pengadilan Agama Sukadana, 3 (tiga) Mahkamah Syar’iah, dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara. Pengadilan baru tersebut tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dan berada di ibu kota kabupaten dan kotamadya, kecuali untuk Pengadilan Tata usaha Negara berada di Ibu Kota Provinsi.

Ketua Mahkamah Agung mengatakan bahwa terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administrasinya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. Kendala geografis di wilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke pengadilan, baik karena jarak antara pengadilan dengan tempat tinggal para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat, laut, maupun udara, sehingga pada daerah-daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadilan memerlukan perjuangan yang sangat berat dan biaya yang cukup besar. Sehingga dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Selengkapnya...
 
UPACARA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE 73 PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 20 Agustus 2018 11:23

Bulan Agustus adalah salah satu bulan paling meriah bagi masyarakat Indonesia, karena di bulan itulah kita akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yakni tanggal 17 Agustus. Serangkaian kegiatan pun mewarnai perayaan tersebut. Rangkaian kegiatan juga tidak kalah meriah di Pengadilan Agama Metro.

Sebagai bagian dari warga negara Indonesia dan juga sebagai aparatur sipil negara yang mengemban kewajiban berbangsa dan bernegara warga Pengadilan Agama Metro, menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke 73  sebagai wujud rasa syukur terhadap nikmat kemerdekaan yang telah diraih dengan susah payah oleh para penduhulu.

Bertempat di Lapangan Pengadilan Agama Metro Kelas 1A. Prosesi pelaksanaan upacara dilaksanakan tepat jam 08.00 dengan Pemimpin Upacara Abdul Wahid Aziz, S.Kom., diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh petugas pengibar bendera dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya,  mengheningkan Cipta dilanjutkan dengan Pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara Ketua Pengadilan Agama Metro, Drs. H. Ma’muri, S.H., M.Si., teks proklamasi oleh Trisno Hari Santoso, pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Wawan Kurniawan, S. Sy.

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 21 Agustus 2018 09:09
Selengkapnya...
 
UPACARA PERINGATAN HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE 73 PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Senin, 20 Agustus 2018 16:34

Minggu 19 Agustus 2018 bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Metro diselenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia ke 73.

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB, bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Metro Drs. H. Ma’muri, S.H., M.Si., diikuti oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Pegawai Pelaksana, Calon Hakim, serta Tenaga Honorer Pengadilan Agama Metro. Upacarapun berlangsung dengan khidmat.

Ketua Mahkamah Agung RI dalam amanat yang dibacakan oleh Pembina Upacara mencanangkan “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi” bertepatan dengan momentum Hari Jadi Mahkamah Agung ke 73 ini, hal ini juga merefleksikan suasana kebatinan dunia peradilan Indonesia yang baru saja memulai era baru dengan mengembangkan sistem peradilan berbasis elektronik (e-court) sebagai implementasi dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik di Pengadilan. Adapun harapan di era ini seluruh warga peradilan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi informasi sehingga lebih adaptif dengan sistem elektronik yang ada untuk menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Pada kesempatan ini pula diserahkan Penghargaan Role Model sebagai Tanda Kehormatan dan Apresiasi dari Pengadilan Agama Metro.  Adapun penghargaan tersebut diberikan kepada Drs. Joni, Pembina Utama Muda (IV/c) dari unsur Hakim, Trisno Hari Santoso, Penata (III/c) dari unsur Kepaniteraan, Eka Resetia Jayanti, S.H., Penata Muda (III/a) dari unsur Kesekretariatan dan Abdul Kholiq Sidiq, S.H, Staf Hukum dari unsur Honorer. Pemberian Penghargaan tersebut berdasarkan ketaatan, kedisiplinan, tanggung jawab, perilaku dan kerjasama dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai Pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pengadilan Agama Metro, sehingga dapat dijadikan tauladan bagi pegawai lainnya.

Setelah rangkaian pelaksanaan upacara selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama, dan santap pagi bersama di Pengadilan Agama Metro.(ALZ)

Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 21 Agustus 2018 13:39
 
Pemantapan SAPM Aparatur PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 02 Agustus 2018 13:47

Pa-metro.go.id  - Setelah menerima sertifikat dengan Akreditasi “A Excellent” Pengadilan Agama Metro bersiap menaiki anak tangga berikutnya yaitu persiapan surveilance. Supaya cinta lebih dalam dengan SAPM maka langkah yang harus ditempuh adalah memahami Manual Mutu. Manual Mutu adalah Dokumen yang merincikan sistem manajemen mutu suatu organisasi. Manual Mutu memuat bebarapa pembahasan yang dimulai dari profil organisasi. Pengadilan Agama Metro, yang merupakan salah satu pelaku kekuasaan kehakiman  bagi rakyat pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara perdata tertentu pada tingkat pertama sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 dan perubahan kedua dengan Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009, yang berada diwilayah yurisdiksi Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung. 

Wilayah hukum Pengadilan Agama Metro meliputi 1 (satu) Kota dan 1 (satu) Kabupaten di Provinsi Lampung, yakni Kota Metro dan Kabupaten Lampung Timur.

Wilayah Kota Metro terbagi atas 5 Kecamatan, Metro Pusat (5 Kelurahan) Metro Timur (5) Metro Barat (4) Metro Utara (4) dan Metro Selatan (4 kelurahan).

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 Agustus 2018 16:27
Selengkapnya...
 


halaman 1 dari 73

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi