logo mahkamah agung website ramah difable

Berita Terbaru

Pengadilan Agama Metro
Sidang Keliling Pengadilan Agama Metro PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 22 Februari 2018 09:14

Sidang diluar gedung Pengadilan (sidang keliling) Pengadilan Agama Metro tahun 2018 telah dilaksanakan pada hari Kamis 22 Februari 2018. Sidang perdana ini terdiri atas 2 (dua) Majelis dengan dilengkapi tim Pelaksana teknis lainnya seperti Hakim mediator dan Jurusita yang sekaligus sebagai pengaman sidang.

Pelaksanaaan sidang keliling ini dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Metro Kelas IA Nomor : W8-A2/364/Hk.05/I/2018 tanggal 30 Januari 2018. Sidang keliling perdana di tahun 2018 ini dipimpin oleh dua Majelis Hakim yang masing-masing menyidangkan 9 perkara

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 22 Februari 2018 09:28
Selengkapnya...
 
Rintisan Pengadilan Agama Sukadana PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 07 Februari 2018 01:56

 

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor  15 Tahun 2016 telah dibentuk beberapa Peradilan Agama di Indonesia . Untuk wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung ada lima Pengadilan Agama Baru yang harus diresmikan yaitu PA (Pengadilan Agama) Gedong Tataan, PA Pringsewu, PA Mesuji, PA Tulangbawang Tengah  dan PA Sukadana.

Pertemuan demi pertemuan dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur telah ditempuh oleh pimpinan Pengadilan Agama Metro, dan terakhir pertemuan  Pada tanggal 6 Februari 2018 antara Wakil Ketua Pengadilan Agama Metro dengan Kepala Bagian Asset BPKAD Kabupaten Lampung Timur telah disepakati bahwa untuk sementara Pengadilan Agama Sukadana akan beroperasi di Islamic Centre Sukadana. Pertemuan ini dilanjutkan dengan peninjauan lokasi di Islamic Centre Muara Jaya Lampung Timur.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 07 Februari 2018 02:16
Selengkapnya...
 
Pemeriksaan Interim oleh Badan Pemeriksaan Keuangan PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Rabu, 20 Desember 2017 07:39

Pemeriksaan BPK

 

Pada tanggal 11 sampai dengan 15 Desember 2017 Pengadilan Agama Metro kedatangan tim dari Badan Pemeriksaan keuangan dengan tujuan pemeriksaan interim, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara mengatur pemeriksaan keuangan negara oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Undang-Undang ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, di mana perlu dilakukan pemeriksaan oleh satu badan pemeriksa keuangan yang bebas dan mandiri, sebagaimana telah ditetapkan dalam Pasal 23E Undang-Undang Dasar 1945.

Lingkup Pemeriksaan keuangan negara meliputi pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara dan pemeriksaan atas tanggung jawab keuangan negara. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaksanakan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh BPK meliputi seluruh unsur keuangan negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Pemeriksaan sebagaimana telah dilaksanakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terdiri atas pemeriksaan keuangan dan pemeriksaan kinerja.

Pemeriksaan Keuangan adalah pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemeriksaan keuangan ini dilakukan oleh BPK dalam rangka memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah.

Pemeriksaan Kinerja adalah pemeriksaan atas pengelolaan keuangan negara yang terdiri atas pemeriksaan aspek ekonomi dan efisiensi serta pemeriksaan aspek efektivitas yang lazim dilakukan bagi kepentingan manajemen oleh aparat pengawasan intern pemerintah. Pemeriksaan kinerja dimaksudkan agar kegiatan yang dibiayai dengan keuangan negara diselenggarakan secara ekonomis dan efisien serta memenuhi sasarannya secara efektif.(by)

 
PELANTIKAN PEJABAT STRUKTURAL PENGADILAN AGAMA METRO KELAS I A PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Kamis, 21 Desember 2017 02:11

Metro, 19 Desember 2017 betempat di Ruang Sidang II Pengadilan Agama Metro Kelas I.A, dilaksanakan kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Jabatan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana H. RUSBANI, S.H. serta Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan MEDI EFENDI, S.Pd., M.H. oleh Drs. H. MA’MURI, S.H., M.Si., Ketua Pengadilan Agama Metro Kelas I.A

Acara Pengambilan Sumpah dan Jabatan berdasarkan pada Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 207/SEK/Kp.I/SK/XI/2017 Tanggal 21 November 2017. Pengangkatan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana merupakan pengganti atas pejabat yang sebelumnya sudah memasuki usia pensiun Terhitung Mulai Tanggal 01 Agustus 2016, sedangkan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan merupakan pengganti atas pejabat sebelumnya yang mutasi ke Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung.

Dalam Kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Jabatan Tersebut Yang Mulia Ketua Pengadilan Agama Metro mengucapkan Selamat kepada pejabat yang dilantik dan kepada seluruh warga Pengadilan Agama Metro, karena dengan adanya Pengambilan Sumpah dan Jabatan ini Maka kekosongan jabatan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana selama 1 Tahun 5 bulan telah terisi, sehingga Jabatan Struktural telah lengkap, kepada pejabat yang baru dilantik agar bekerja lebih semangat lagi, sesuai dengan janji atau sumpah yang telah diucapkan dan kepada semua Sub Bagian baik Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Sub Bagian Umum dan Keuangan, Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan serta Kepaniteraan Gugatan, Permohonan dan Hukum agar bisa menjalin kerja sama yang baik sehingga ke depan berkat kerjasamanya, Pengadilan Agama Metro menjadi lebih baik lagi dalam rangka meraih Akreditasi dengan nilai terbaik.

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 31 Januari 2018 06:13
 
Perkokoh Persatuan Membangun Negeri PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Jumat, 10 November 2017 13:51

Hari Pahlawan Nasional 2017

Drs. H Suyanto, SH, MH membacakan amanat dan pesan-pesan para pahlawan pada upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2017 di halaman kantor Pengadilan Agama Metro, beliau  bertindak sebagai Pembina upacara.

Saat membacakan pesan pesan perjuangan , para peserta upacara diajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia, seperti Nyi Ageng serang yang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi  adalah seorang pahlawan Nasional. Ia adalah anak Pangeran Natapraja yang menguasai wilayah terpencil dari kerajaan Mataram tepatnya di Serang yang sekarang wilayah perbatasan Grobogan-Sragen. Setelah ayahnya wafat Nyi Ageng Serang menggantikan kedudukan ayahnya. Nyi Ageng Serang adalah salah satu keturunan sunan Kalijaga, ia mempunyai keturunan seorang Pahlawan nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Ia dimakamkan di Kalibawang, Kulon Progo. Ia pahlawan nasional yang hampir terlupakan, tetapi ia sangat berjasa bagi negeri ini.Warga Kulon Progo mengabadikan monumennya di tengah kota Wates berupa patungnya yang sedang menaiki kuda dengan gagah berani membawa tombak seperti yang dipesankan oleh  Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

Nyi Ageng Serang menyampaikan pesan  ketika mendengarkan keluhan keprihatinan para pengikut/rakyat, akibat perlakuan kaum penjajah ”untuk keamanan dan kesentausaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya, dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerah yang tidak ternilai harganya”

Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri". Tema tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur.(By)

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 13 November 2017 14:03
 


halaman 1 dari 71

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.2.0), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi