logo

SELAMAT DATANG

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Metro Kelas IA. Website ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan beragam informasi khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama Metro Kelas IA.
SELAMAT DATANG

ZONA INTEGRITAS (ZI)

Menjadi salah satu progam prioritas, Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Peradilan Agama
ZONA INTEGRITAS (ZI)

E-Court

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. || e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan) || e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online) || e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online).
E-Court

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP
BANNER-READY.gif

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabc

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dir

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjr

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Pastikan pengembalian sisa panjar anda pada Kasir setelah perkara dinyatakan putus. Sisa panjar perkara yang tidak diambil selama 6 bulan setelah perkara diputus/selesai, maka kami akan setorkan ke Kas Negara (PP. 53 Tahun 2008).
  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

banner

APLIKASI PENDUKUNG PENGADILAN

pengaduan simari komdanas sipp silara
 sikep  abs  lpse  jdih  perpus

Mahasiswa kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Jurusan Ahwal Al Syakhsiyyah Fakultas Syariah IAIN Metro yang berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Fakultas Syariah IAIN Metro Nomor : 02/PPK.FSH/2019 tanggal 7 Januari 2019 telah mengawali  Kegiatan praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pengadilan Agama pada Kamis 10 Januari 2019 di Pengadilan Agama Metro.

Praktik Peradilan adalah kegiatan kurikulum untuk membimbing dan melatih mahasiswa sebagai upaya membekali mahasiswa dengan pengalaman praktis, sehingga memiliki kemampuan profesional di bidang peradilan secara teoritis maupun praktis.

Praktik Peradilan merupakan salah satu bentuk praktikum yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai kegiatan intra kurikuler yang berbentuk latihan keterampilan maupun tugas-tugas lain.

Praktik Peradilan meliputi kegiatan observasi lapangan , praktik administrasi Pengadilan Agama dan Peradilan semu serta kegiatan lainya yang bersifat kurikuler maupun ekstra kurikuler.

Tujuan dilaksanakanya Praktik Peradilan  adalah dalam rangka membekali mahasiswa pengetahuan praktis, pengalaman teknis administrasi Peradilan Agama serta prosedur berperkara di Peradilan Agama, selain itu juga untuk menjembatani kesenjangan antara teori yang diperoleh di perkuliahan dengan praktik lapangan.

Praktik Pengalaman Lapangan ini diikuti oleh 9 mahasiswa IAIN Metro dan akan berahir pada 20 Februari 2019. (By)   

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA METRO

Jalan Stadion 24 B Tejo Agung Metro Timur

Kota Metro,  Provinsi Lampung.

Telp :  0725 45068

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor