logo

on . Dilihat: 83

Badilag  Kembali Seleksi Calon Wakil Ketua PA Kelas IA, 28 Peserta Mengikutinya

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Ditjen Badan Peradilan Agama (Badilag) kembali melakukan seleksi calon Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Kelas IA. Berdasarkan Surat Dirjen Badilag Nomor 3702/DJA/HM.00/VII/2019, ada 28 peserta yang diundang. 23 orang adalah Ketua PA Kelas IB yang masih aktif menjabat  dan 5 lainnya hakim PA Kelas IA yang pernah menjadi Ketua PA Kelas IB.

Ada dua tahapan yang harus diikuti setiap peserta selama proses seleksi yang diadakan mulai tanggal 13 hingga 15 Agustus ini. Di hari pertama, seluruh peserta wajib mengikuti Profile Assessment. Bekerjasama dengan PPSDM, selama satu hari penuh setiap peserta akan diukur terkait aspek-aspek psikologisnya melalui tes tulis, Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara langsung dengan psikolog PPSDM.

Hasil penilaian aspek psikologis yang meliputi kemampuan berfikir, cara kerja, karakter dan kepemimpinan kemudian dicocokkan dengan persyaratan psikologis untuk jabatan wakil ketua.

Tahapan selanjutnya, peserta akan diuji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Terjadwal, tahapan ini akn dibuka langsung oleh Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., pagi ini, Rabu (14/8/2019) di Lantai 12 Gedung Mahkamah Agung Jalan Medan Merdeka Utara.

Ada 7 penguji dalam tahapan ini yaitu Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Peradilan Agama Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M., Hakim Agung Dr. H. Purwosusilo, S.h., M.H., Hakim Agung Dr. H. Edi Ruadi, S.H., M.H., Kepala Badan Pengawasan Nugroho Setiadji, S.H. dan Dirjen Badilag sendiri Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. 

Teknis pelaksanaanya, dalam satu hari ada 14 peserta yang diuji. Sehingga, untuk tahapan ini memakan waktu selama dua hari. Menurut Kasubdit Mutasi Hakim, Nurjanah kelulusan peserta akan diumumkan setelah rapat pleno yang akan dilaksakana pada Hari Jumat, 16 Agustus 2019.

Komitmen Badilag

Ditjen Badilag berkomitmen secara terus menerus menyelenggarakan uji kelayakan dan kepatutan bagi calon pimpinan Pengadilan Agama/Mahkmah Syariyah. "Profile Assessment dan Fit and Proper Test yang  diselenggarakan tanggal 13 hingga 15 Agustus 2019 ini didasarkan pada SK Ketua Mahkmah Agung RI Nomor 48/KMA/SK/II/2017 Tentang Pola Mutasi dan Promosi Hakim" ungkap Sekretaris Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. mewakili Dirjen saat membuka Profile Assessment Selasa pagi (13/8/2019) di Lantai 12 Gedung Sekretariat MA.

 

Badilag telah berkali-kali menyeleksi calon pimpinan pengadilan, baik calon ketua, wakil ketua pengadilan tingkat pertama, hakim tinggi maupun pimpinan pengadilan tingkat banding.

Arief menyampaikan salah satu syarat untuk mewujudkan court excellent adalah pimpinan pengadilan yang memiliki kualitas, kompetensi  dan integritas yang tinggi. "Melalui profile assessment dan uji kapatutan dan kelayakan, diharapkan hasil itu bisa didapatkan" katanya

Karena, berbeda dengan institusi lain, pimpinan pengadilan merupakan pimpinan yang khas. Menurutnya, disamping menguasai dan terampil dalam teknis yuridis, ketua pengadilan juga harus memahami administrasi umum. (hirpan hilmi)

Sumberhttps://badilag.mahkamahagung.go.id/seputar-ditjen-badilag/seputar-ditjen-badilag/badilag-kembali-seleksi-calon-wakil-ketua-pa-kelas-ia-28-peserta-mengikutinya



Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA METRO

Jalan Stadion 24 B Tejo Agung Metro Timur

Kota Metro,  Provinsi Lampung.

Telp :  0725 45068

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor